Pisang si Buah multi manfaat

Sejak zaman dahulu pisang merupakan makanan favorite yang dapat diberikan pada bayi, pada saat bayi harus dikenalkan dengan makanan padat.

Apakah pisang merupakan buah pertama yang cocok untuk bayi ?
dan mengapa pisang ?

Ada apa dengan pisang ?
Buah pisang bukan sesuatu yang istimewa atau aneh dalam keseharian kita. Setiap orang setidaknya pernah mengkonsumsi buah yang bernama latin " musa sapientum L" ini. kalau di kota metropolitan pohon pisang sudah jarang ditemukan, di luar ibu kota orang masih bisa menemukannya dengan mudah.

Walaupun demikian akrab dengan pisang, belum tentu tau multi manfaat pisang ini.
Buah pisang memiliki kandungan zat gula ( karbohidrat ) yang lebih tinggi ketimbang yang dikandung buah-buah lain. karena itu buah pisang bisa menjadi salah satu sumber tenaga yang baik bagi tubuh kita. Manfaat lainnya buah pisang pun sangat aman di konsumsi oleh penderita tukak lambung.
Berdasarkan cara konsumsi pisang dikelompokan menjadi 2 golongan yaitu banana dan plantain.
Banana adalah pisang yang lebih sering dikonsumsi dalambentuk segar setelah buah matang, contohnya pisang ambon, susu, raja serai dan sunripe. Plantain adalah pisang yang dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar atau dikolak seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk dll.

sekitar 23-35%, lemak 0.2% dan seperti bahan nabati lainnya, pisang bebas kolesterol. Sebanyak 100 gram pisang akan memberikan kalori sebesar 120 kalori. Buah ini juga kaya kalium dan mengandung magnesium, selenium, besi dan vitamin-vitamin serta bebas natrium. Pisang kaya dengan vitamin B-6 yang dibutuhkan untuk kesehatan mental seseorang. Kekurangan vitamin B-6 ini dapat menyebabkan seseorang mudah lelah dan marah serta susah tidur. Mengkonsumsi satu setengah buah pisang setiap hari akan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin B-6 ini. Menyantap makanan kaya kalium dan vitamin B6, khususnya pisang segar (bukan pisang rebus atau pisang goreng) juga dapat mengurangi rasa nyeri, ngilu dan sakit pada persendian. Mengkonsumsi pisang 3-4 kali sehari bahkan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala radang sendi (arthritis). Pisang merupakan makanan kaya kalium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 467 mg kalium, yang memberikan 13% kebutuhan kalium harian. Sebagai sumber kalium, pisang dapat membantu mengurangi resiko peningkatan tekanan darah.

Manfaat pisang secara umum
Pilihlah pisang yang sudah matang yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah. Pisng yang mentah akan sulit dicerna.

Pisang sebagai sumber kekuatan tenaga
Buah pisang dengan mudah dapat dicerna. Gula yang terdapat dibuah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat dan itu bagus dalam pembentukan tubuh. untuk kerja otot dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

manfaat untuk ibu hamil
Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim, namun jangan terlalu berlebihan sebab satu pisang mengandung sekitar 85 - 100 kalori.

Manfaat bagi penderita anemia
2 buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup karengan mengandung Fe ( zat besi ) tinggi.

Manfaat bagi penyakit usus dan perut
Pisang yang dicampur susu cair ( atau dimasukan dalam gelas susu cair ) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus, juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik, untuk menetralkan keasaman lambung. pure pisang atau krim pisang ( seperti untuk makanan bayi ) dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.

Jika anda merasa lesu di antara waktu makan, ambil saja PISANG.........

Gula buah yang terkandung didalamnya (yang tergolong karbohidrat sederhana), akan mudah dicerna dan masuk ke aliran darah sehingga menghasilkan energi instant. Selain itu, dengan pasokan kalium dari pisang, jaringan otot akan bertenaga kembali selama beberapa saat sebelum tubuh mendapatkan pasokan energi darurat dari makanan utama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pisang si Buah multi manfaat"

Posting Komentar