apa yang terjadi saat rambut dikeriting atau diluruskan?????

Mengeriting rambut adalah proses rekayasa biokimia.

suatu protein yang disebut
keratin, merupakan protein yang membentuk rambut manuasia, terdiri dari unsur cystine yaitu senyawa asam amino yang memiliki unsur sulfida, dalam jumlah persentase yang cukup tinggi. Jembatan disulfida -S-S- dari cystine merupakan salah satu faktor utama yang bertanggung jawab atas berbagai bentuk dari rambut kita. Rambut lurus atau keriting dikarenakan keratin mengandung jembatan disulfida yang memampukan molekul untuk mempertahankan bentuk-bentuk tertentu. Didalam proses kriting atau perm ( permanent waves ), pertama rambut diberikan senyawa pereduksi yang membuka beberapa ikatan -S-S-.
Hal ini memungkinkan molekul kehilangan daya kekakuannya dan membuatnya lebih lentur.
kita telah melihat diatas bahwa alpa keratin yang mengenai uap panas akan merenggang menjadi konfirmasi beta tetapi dengan pendinginan alpa keratin berubah menjadi konfirmasi alpa heliks secara spontan. Hal ini karena gugus R alpa keratin secara rata-rata lebih besar dari gugus R beta keratin, dan karenanya tidak cocok dengan konfirmasi beta yang stabil. Sifat khas alpa keratin, demikian pula kandungan jembatan disulfidanya merupakan dasar bagi industri keriting rambut.
Rambut yang akan dikeriting pertama-tama rambut digulung mengelilingi suatu bentuk yang sesuai, larutan senyawa pereduksi, biasanya senyawa yang mengandung gugus tiol atau sulfhidril ( -SH ) , lalu diberikan pada rambut dengan pemanasan. Senyawa pereduksi memecah jembatan disulfida dengan mereduksi residu sistin-sistin, satu pasa masing-masing rantai. Uap panas memecah ikatan hidrogen dan menyebabkan struktur alpa heliks pada rantai polipeptida keratin rambut menjadi terbuka dan meregang.
Setelah beberapa waktu larutan pereduksi diangkat dan suatu pengoksidasi ditambah untuk memantapkan ikatan disulfida yang baru diantara pasangan residu sistein pada rantai polipeptida yang berdampingan tetapi bukan pasangan yang sma dengan pasangan yang ada sebelum perlakuan, dengan pencucian dan pendinginan rambut rantai polipeptida berubah menjadi konfirmasi alpa heliks. Serat rambut sekarang menjadi keriting sesuai dengan model yang diinginkan karena jembatan disulida bru terbentuk dan jembatan baru ini menimbulkan belokan / keriting pada untaian lilitan alpa heliks pada serat rambut.

Walaupun kita telah menjalani proses keriting rambut, sesungguhnya keriting rambut tidaklah bersifat permanen. Rambut akan terus tumbuh dan setelah beberapa lama kepala kita akan terdapat rambut baru yang cukup banyak jumlahnya. Rambut baru ini memiliki ikatan disulfida sama seperti bentuk rambut kita semula, sehingga lambat laun bentuk rambut kita kan kembali secara alami.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "apa yang terjadi saat rambut dikeriting atau diluruskan?????"

Posting Komentar